Jeruk Bona Bali
Pusat Perlindungan Varietas Tanaman Kementerian Pertanian Republik Indonesia menerima dan menetapkan varietas Jeruk Bona asal Kabupaten Gianyar sebagai varietas unggul lokal dengan nama Varietas Jeruk Bona Bali. Oleh karena itu perlu dipertahankan plasma nuftah (substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme) serta mengembalikan Jeruk Bona sebagai unggulan lokal Desa Bona di Kabupaten Gianyar. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Gianyar menyerahkan bantuan 1200 pohon dari varietas Jeruk Bona Bali kepada petani Jeruk Desa Bona. Hal tersebut dinyatakan Kepala Dinas Pertanian, I G A Dewi Hariyani saat penyerahan sertifikat varietas lokal sekaligus penyerahan bantuan 1200 pohon varietas Jeruk Bona Bali di Kantor Perbekel Desa Bona

Lebih lanjut menurut Gusti Ayu Dewi, Hingga hari ini populasi tanaman jeruk varietas Bona Bali di Desa Bona sebanyak 1100 pohon. Sehingga guna meningkatkan populasi tanaman sekaligus mewujudkan Desa Bona sebagai kawasan sentra pengembangan Jeruk Bona Bali, akan diserahkan bantuan benih sebanyak 1.200 pohon secara bertahap. Pohon tersebut berasal dari Balai Benih UPT Perbenihan Gianyar. Menurut Bupati Gianyar, Desa Bona akan dijadikan Kawasan Sentra Pengembangan Jeruk Bona Bali, Hal ini sesuai dengan zona pengembangan wilayah Kabupaten Gianyar. Dimana Bona, Blahbatuh wilayah Zona Gianyar Selatan, diperuntukkan sebagai pusat perdagangan seni, kegiatan wisata belanja, pertanian lahan basah dan indutri kerajinan rumah tangga. Terlebih Jeruk Bona telah diakui oleh pusat melalui Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan lokal Gianyar.

Pengembangan kawasan Jeruk Bona Bali sebagai strategi pemerataan pembangunan (one village one produk) yang memberikan harapan bagi peningkatan pendapatan petani jeruk, karena prospek pengembangannya sangat besar dengan peluang pasar yang baik. Kedepannya tidak hanya sebagai penghasil Jeruk Bona Bali namun dikembangkan menjadi produk olahan pangan, biofarmaka, agrowisata dan sebagainya. Pemerintah Kabupaten Gianyar akan selalu memberikan dukungan dengan memfasilitasi para petani memasarkan produknya.

Diharapkan dengan strategi pelestarian dan pengembangan yang dilakukan serta produk asli unggulan dari Desa Bona yakni Jeruk Bona Bali, Desa Bona mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Perbekel Desa Bona mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah dalam membantu mengembangkan pertanian di Desa Bona khususnya Jeruk Bona Bali. Masyarakat Desa Bona Akan berusaha maksimal melestarian dan mengembangkan Jeruk Bona Bali hingga menjadi produk unggulan yang menjadi ciri khas Desa Bona.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati menyerahkan sertifikat varietas lokal kepada Perbekel Desa Bona, Gusti Nyoman Gede Susila sekaligus menyerahkan bantuan pohon varietas Jeruk Bona Bali kepada masyarakat Desa Bona. Dalam kesempatan itu Bupati juga turut menanan satu pohon Jeruk Bona Bali.